Brain And Spine

saraf leher kejepit

Saraf Leher Kejepit, Kenali Gejala dan Bahayanya

Saraf leher kejepit atau saraf kejepit di leher dapat memunculkan beragam  gejala. Tetapi bila kondisi ini ringan, mungkin saja belum menimbulkan gejala. Atau ada gejala yang biasanya tidak dihiraukan.

Brain and Spine Center – RSU Bunda Jakarta

Atau terkadang penderitanya tidak paham bahwa gejala yang dirasakan menjadi penanda adanya bantalan tulang yang menonjol dan menjepit saraf leher.

Penyebab Saraf Kejepit di Leher

Pesatnya teknologi yang semakin maju, tak dipungkiri perlunya menggunakan beragam piranti. Piranti ini diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan atau pun pelajaran. Mau tidak mau Anda perlu duduk lama untuk menyelesaikan pekerjaan.

Ketergantungan untuk menggunakan beragam piranti, seperti handphone dan laptop, kini sudah merambah segala usia.

Kadang tanpa disadari postur tubuh membungkuk saat duduk lama  dengan menundukkan kepala saat bekerja dapat membebani ruas tulang belakang terutama leher. Dengan posisi ini, pekerja kantoran memiliki risiko tinggi mengalami nyeri dan kaku pada leher. Bahkan kadang juga disertai dengan tangan kesemutan.

Faktor pekerjaan tertentu seperti mengharuskan angkat beban berat juga bisa memicu nyeri pada leher. Apalagi dengan postur tubuh yang salah. Kondisi ini bila terus-terusan dan berlangsung lama, saraf terjepit leher bisa terjadi.

Faktor lain yang berperan dalam terjadinya sakit leher sebelah kiri antara lain berat badan berlebihan (obesitas), pengapuran, peradangan, tumor, infeksi, cedera akibat kecelakaan bermotor (whiplash injury) atau olahraga.

Tengkuk adalah bagian leher belakang yang juga bisa terbebani oleh kebiasaan-kebiasaan buruk sehari-hari. Kelamaan menunduk saat memegang smartphone yang bisa mengakibatkan text neck syndrome.

saraf leher kejepit
Sumber Gambar

Ini Dia Beberapa Gejalanya

Nyeri leher kanan atau nyeri leher kiri bukan ciri-ciri utama saraf kejepit di leher. Saraf leher terjepit menyebabkan pusing juga menjadi ciri-cirinya.

Nyeri juga dapat menjalar hingga bahu, tulanhg belikat. Kesemutan,  kebas/baal juga menjalar hingga ke tangan atau jari-jari tangan. Selanjutnya otot bahu, siku dan jari tangan akan melemah.

Tanda syaraf kejepit di leher yang sudah berlangsung lama dapat mengganggu keseimbangan, tidak dapat menggenggam gelas contohnya, hingga tidak bisa lagi berjalan atau lumpuh.

Ruas tulang leher yang paling sering menjadi incaran saraf kejepit adalah C5, C6, dan C7. Ciri-ciri juga berbeda, bergantung pada lokasi.

Nyeri menjalar hingga bahu dan lengan atas menjadi gejala saraf kejepit ruas C4-C5.

Sedangkan C5-C6 memunculkan gejala melemahnya otot, baal/kesemutan, nyeri menjalar hingga sisi jempol tangan. Menjalarnya nyeri dari lengan atas ke jari tengah menjadi tanda jepitan pada C6-C7.

Untuk ruas C7-T1 menimbulkan gejala sulit menggenggam benda, kebas/kesemutan yang terasa di jari kelingking.

Bagaimana Cara Mengatasi Syaraf Kejepit di Leher

Untuk mengatasi kondisi saraf leher kejepit, dokter perlu melakukan pemeriksaan fisik dan perlu pemeriksaan penunjang radiologis seperti MRI. Dengan MRI akan tampak seperti gambar saraf leher kejepit yang Anda alami.

Adanya jepitan saraf area leher ini memiliki istilah lain yakni HNP cervical. Nantinya untuk mengatasinya dokter akan melakukan beberapa pilihan terapi. Pilihannya antara lain kateter Racz, yang dapat mengalirkan obat khusus via kateter berukuran mini. Dengan metode ini, obat tersebut dapat mencapai ruas tulang leher sehingga dapat membantu mengatasi nyeri.

Bila kondisi jepitan sudah masuk ke dalam kategori berat, kemungkinan dokter menyarankan ACDF guna memperbaiki struktur saraf dan jaringan yang ada pada ruas leher atau cervical ini.

Kadangkala pemberian obat juga akan dokter berikan guna membantu mengatasi peradangan dan nyerinya. Dan jangan lupa untuk perbaikan postur tubuh.

Ada beberarapa pantangan syaraf kejepit  yang juga perlu Anda pahami. Ini pantangannya menunduk lama dan terus-terusan, tidak menggunakan seatbelt saat berkendara, postur tubuh membungkuk, kelebihan berat badan.

Apakah saraf kejepit di leher bisa sembuh, hal ini bergantung pada ringan beratnya jepitan yag terjadi pada saraf area leher. Selain itu, konsultasi dengan dokter menjadi salah satu faktor penentu kesembuhan.

2 thoughts on “Saraf Leher Kejepit, Kenali Gejala dan Bahayanya”

    1. Selamat pagi. bila ada keluhan ujung jari tangan kebas, kemungkinan ada saraf terjepit. namun memang untuk memastikannya, dokter perlu melakukan pemeriksaan fisik yang bila perlu disertai dengan pemeriksaan radiologis seperti MRI, supaya tahu penyebabnya, sehingga dapat memberikan penanganan yang sesuai. untuk pengobatannya, juga ditentukan oleh hasil pemeriksaan dokter. untuk lebih jelasnya bapak/ibu bisa menghubungi via WA 0813 13 9999 02. terima kasih

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *