Brain And Spine

Saraf kejepit lumbal 5

Saraf Kejepit Lumbal 5, Bisakah Sembuh Tanpa Operasi?

Saraf kejepit lumbal 5 dapat menyebabkan nyeri dan kesemutan yang kadangkala menjalar hingga ke betis atau telapak kaki.

Lumbal 5 adalah tulang belakang area pinggang.

Tulang belakang manusia memiliki 33 ruas terdiri dari tulang leher (7 ruas), tulang punggung atas (12 ruas), punggung bawah (5 ruas pinggang/lumbal), dan sakrum serta tulang ekor berjumlah 5 ruas tulang.

Brain and Spine Center – RSU Bunda Jakarta

Kerja tulang belakang yang paling utama adalah agar dapat melakukan beragam aktivitas, seperti beralari, berjalan, membungkuk, dan lainnya. Tulang belakang juga memegang peran besar dalam menyangga tubuh atau sebagai penopang utama beban tubuh sehingga rentan nyeri.

Adanya masalah atau gangguan pada bantalan tulang belakang (diskus intervertebralis), sendi faset (facet joint), dan saraf tulang belakang, menjadi biang keladi yang memunculkan nyeri.

Saraf Kejepit Lumbal 5

Akibat menua, juga berdampak pada bantalan tulang belakang. Lama kelamaan akan menonjol. Kondisi ini seringnya terjadi pada segmen L4-L5, L3-L4, L2-L3. Sedangkan segmen L1-L2 jarang.   Nyeri tak hanya di pinggang. Tetapi juga ada penjalaran nyeri, kesemutan yang terasa hingga bokong, betis dan kaki. Namun gejala kadang berbeda bergantung pada kondisi-kondisi tertentu seperti usia, aktivitas dan lainnya.

Terjepitnya sekelompok serabut saraf di area terbawah tulang belakang bisa memunculkan kondisi kauda equina. Penjalaran nyeri, rasa kesemutan disertai kebal atau baal bisa menjadi gejalanya. Kadang bisa melumpuhkan aktivitas akibat tidak bisa menahan buang air kecil dan buang air besar serta lumpuh tidak bisa bergerak. Kondisi ini memerlukan penanganan yang secepatnya.

Apa itu Bell’s Palsy
Apa itu Bell’s Palsy

Penyebab Saraf Kejepit Pinggang

Pada usia tertentu sekitar > 30 tahun bantalan tulang mengalami perubahan baik pada strukturnya dan juga kandungan air dapat semakin menyusut. Akibatnya bantalan tulang rusak hingga menonjol dari tempatnya atau bocor keluar. Nah dampaknya tonjolan ini (bulging disc) dapat membebani atau menekan saraf tulang belakang. Nyeri bisa muncul.

Infeksi atau tumor pada ruas tulang belakang, skoliosis, berat badan berlebihan, cedera akibat jatuh bisa menjadi beberapa faktor penyebab saraf kejepit lumbal 5. Proses degeneratif akibat bertambahnya usia, bisa menyebabkan kerusakan bantalan tulang. Segmen lumbal lainnya pun juga bisa terganggu.

Pemeriksaan Saraf Kejepit Lumbal 5

Berkonsultasi dengan dokter menjadi langkah tepat untuk mencari solusi atasi sakit pinggang akibat saraf kejepit lumbal 5.

Dokter akan melakukan adalah pemeriksaan fisik dan neurologis untuk memastikan kenapa pinggang belakang sakit.

Dokter akan melakukan penilaian terhadap rasa sakiat yang dirasakan. Apakah di titik itu saja atau terasa ada penjalaran. Apakah akut atau kronik. Juga dokter akan menilai ada tidaknya faktor yang membuat nyeri memburuk, misalnya duduk, berdiri, batuk dan lainnya. Pemeriksaan radiologis juga membantu dokter dan menemukan jawaban bagaimana cara mengetahui saraf kejepit lumbal 5.

Cara Mengobati Syaraf Kejepit di Pinggang

Bila hasil pemeriksaan radiologi Magnetic Resonance Imaging atau MRI ternyata menunjukkan tonjolan bantalan tulang belakang sehingga mengakibatkan saraf kejepit lumbal 5, maka dokter akan memberikan rekomendasi pengobatan terkini. Klinik nyeri dan tulang belakang memiliki metode endoskopi tulang belakang BESS yang dapat menyembuhkan sakit pinggang bawah.

BESS adalah singkatan dari biportal endoscopic spine surgery. Endoskopi BESS adalah teknologi terdepan dalam mengatasi saraf kejepit atau hernia nukleus pulposus. Bedanya dengan endoskopi sebelumnya, BESS ini dilakukan lewat 2 sayatan yang membuat lapang pandang dokter menjadi lebih baik saat melakukannya.

Sayatannya juga minimal sehingga proses penyembuhan juga cepat. Biaya endoskopi BESS in bergantung pada berapa level bantalan tulang belakang yang perlu diatasi dan apakah dilakukan pada lumbal atau cervical (leher).

1 thought on “Saraf Kejepit Lumbal 5, Bisakah Sembuh Tanpa Operasi?”

  1. Aris Diniarto Hamid

    Dear Team Dokter RS Bunda,
    Saya mengalami saraf kejepit dengan hasil MRI sebagai berikut :
    – Protruded disc pada L5-S1 disertai herniasi nukleus pulposus ke arah posterior paracentral kiri yang
    menekan saccus thecalis anterior dan kontak dengan nerve root kiri.
    – Bulging disc vertebra L3-L4 dan L4-L5 yang menekan saccus thecalis anterior
    – Mild to moderate stenosis foramina intervertebralis L5-S1.
    – Degeneratif discus intervertebralis vertebra L1-L2-L3-L4-L5 grade II (Pfirrmann)
    – Degeneratif discus intervertebralis vertebra L5-S1 grade IV (Pfirrmann)
    – Curve lurus vertebra lumbalis ec. suspek paraspinal muscle spasm.

    Saat ini yang saya rasakan adalah nyeri di sepanjang kaki kiri mulai dari bokong, betis hingga pergelangan kaki.

    Kira-kira hasil MRI saya itu menunjukkan apa dan apa terapi yang tepat untuk saya?
    Terima kasih

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *