Brain And Spine

Saraf kejepit di pinggang

Saraf Kejepit di Pinggang, Gejalanya Nyeri dan Kesemutan Hingga Kaki

Saraf kejepit di pinggang bisa mengakibatkan sederetan gejala yang bisa saja memburuk suatu saat bila didiamkan.

Memang ciri saraf kejepit di pinggang kadang dianggap sepele karena biasanya tidak tahu bahwa keluhannya diakibatkan oleh adanya masalah pada bantalan tulang yang ada di antara tulang belakang.

Brain and Spine Center – RSU Bunda Jakarta

Ini Dia Penyebabnya

Sebenarnya syaraf terjepit merupakan istilah awam untuk kondisi herniated nucleus pulposus/hernia nukleus pulposus (HNP) lumbal. Lumbal adalah salah satu segmen ruas tulang belakang pada area pinggang.

HNP lumbal adalah gangguan yang muncul ketika bantalan (nucleus/nukleus) ruas tulang belakang bergeser atau menonjol sehingga menekan atau menjepit saraf tulang belakang. Kondisi inilah yang menjadi biang keladi munculnya sederetan gejala.

Bila masih ringan, bisa saja tidak ada gejala yang muncul. Apa yang dirasakan saat saraf kejepit di pinggang cukup beragam, yakni nyeri pinggang (bisa nyeri pinggang kiri, nyeri pinggang kanan, nyeri pinggang belakang) atau juga dikenal dengan low back pain (nyeri punggung bawah).

Bantalan ini cukup kenyal karena mengandung banyak air dan seperti jeli. Bila sudah bocor ke luar dari cincin pelindungnya, bisa membuat saraf tulang belakang teriritasi bahkan rusak.

Proses penuaan menjadi salah satu penyebabnya karena kadar air bantalan tulang akan semakin menyusut sehingga mengalami dehidrasi, rapuh dan mudah bocor.

Ada beberapa faktor lain yang bisa membuat seseorang menjadi rentan HNP lumbal atau bahkan HNP cervical. Beberapa faktor tersebut adalah aktivitas atau gerakan berulang dan berlangsung lama seperti mengangkat benda berat, membungkuk, mengoperasikan benda bergetar dan lainnya.

Kelebihan berat badan, pernah jatuh baik akibat olahraga maupun kecelakaan bermotor, ada tumor di tulang belakang, infeksi bisa menjadi beberapa penyebab lainnya.

Ciri Saraf Kejepit di Pinggang

Saraf kejepit lumbal 5 atau lainnya di area lumbal, memiliki gejala berbeda dengan sakit pinggang biasa yang disebabkan oleh ketegangan otot atau pegal.

Gejala kondisi ini cukup khas, yaitu terasa hanya di satu sisi tubuh saja pada awalnya. Gejalanya biasa terasa lebih berat, dan seperti berikut:

  • Nyeri yang menjalar hingga ke kaki
  • Dibarengi dengan rasa kesemutan, kebas/baal, seperti ditusuk-tusuk jarum atau terbakar
  • Nyerinya terasa memberat setelah berdiri atau duduk lama
  • Tidak kuat berjalan jauh
  • Otot tungkai melemah
  • Telapak kaki terasa panas

Saraf kejepit di pinggang apakah berbahaya bergantung pada berat ringannya jepitan pada saraf yang terlihat dari hasil pemeriksaan radiologis MRI.

Gambar saraf kejepit di pinggang bisa menjadi bayangan Anda mengenai apa yang terjadi saat didiagnosis dokter adanya saraf kejepit.

Cara Mengobati Saraf Kejepit di Pinggang

Saraf kejepit di pinggang bisa sembuh dengan sendirinya bila derajatnya masih ringan. Sembuh tidaknya juga bergantung pada cepat lambatnya mendapatkan penanganan atau obat saraf kejepit dari dokter.

Obat herbal syaraf kejepit di pinggang belakang kemungkinan tersedia, tetapi biasanya tidak dapat mengatasi penyebabnya. Selama bantalan tulang tetap menonjol dan menjepit saraf, maka gejala masih tetap ada.

Terapi kini semakin maju dan dapat untuk mengatasi tonjolan tersebut. Pilihannya adalah teknologi endoskopi tulang belakang BESS atau biportal endoscopic spine surgery. Tidak perlu proses penyembuhan yang lama seperti dulu, dan hanya perlu sayatan sekitar 7 mm saja.

Kelumpuhan menjadi risiko terburuk kondisi tertekannya saraf tulang belakang.  Itu sebabnya, perlu segera mendapatkan pengobatan saraf terjepit yang tepat. Selain itu, perlu pahami apa pantangan syaraf kejepit. Pantangannya adalah hindari sering membungkuk, jangan mengangkat beban berat, jangan sampai kelebihan berat badan, dan jangan sering naik turun tangga.

Bila harus duduk lama saat bekerja, lakukan peregangan setiap 2 jam sekali dan jaga postur tubuh saat duduk.

Mengobati Saraf Kejepit Tanpa Operasi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *