Brain And Spine

sakit wajah sebelah kiri

Sakit Wajah Sebelah Kiri, Mungkinkah Trigeminal Neuralgia?

Sakit wajah sebelah kiri atau sakit wajah sebelah, biasanya disangka ada masalah pada gigi. Kondisi ini akan membawa penderitanya berkonsultasi dengan dokter gigi.

Brain and Spine Center – RSU Bunda Jakarta

Bila tidak ditemukan masalah pada gigi, bisa jadi itu gejala penyakit trigeminal neuralgia atau neuralgia trigeminal.

Rasa sakitnya sangat menyiksa penderitanya. Nyeri seperti tertembak, ditusuk-tusuk jarum, terbakar panas, tersengat arus listrik, tersayat benda tajam dan ragam rasa sakit luar biasa yang sulit digambarkan.

Bahkan ada yang  merasakan kesemutan pada wajah sebelum nyeri muncul.

Sakit wajah sebelah kiri atau nyeri wajah sebelah kanan seperti ini memiliki banyak julukan. Suicide disease adalah salah satunya, karena siksaan nyeri luar biasa dapat memunculkan keinginan bunuh diri pada penderitanya.

Nama lainnya adalah tic douloureux yang merupakan kelainan saraf dengan gejala nyeri neuropati fasial.

Trigeminal neuralgia sangat nyeri, sering kambuh dan kronik, sehingga akan menurunkan kualitas  hidup penderita.

Apa Itu Trigeminal Neuralgia?

Trigeminal merupakan saraf kranial kelima dan memiliki 3 cabang. Ketiga cabang itu ada mempersarafi pipi, bibir atas, hidung, rongga mulut, rahang dan otot pengunyah.

Nyeri trigeminal neuralgai memiliki ciri khas. Muncul hanya pada satu sisi wajah saja. Inilah sebabnya penyakit ini dinamakan nyeri wajah sebelah. Nyeri luar biasa akan muncul pada area yang dipersarafi oleh cabang saraf ini. Dan bisa terasa pada satu cabang daerah persarafan atau lebih.

Sedangkan neuralgia yaitu rasa sakit akibat adanya gangguan atau masalah pada sinyal saraf pada sistem saraf. Gangguan ini bukan penyakit namun ini merupakan gejala akibat masalah/kelainan tertentu ataupun cedera.

sakit wajah sebelah kiri
Sakit wajah sebelah kiri

Gejala Sakit Wajah Sebelah Kiri Akibat Terganggunya Saraf Trigeminal

Serangan nyeri biasanya muncul hitungan detik hingga kisaran 2 menit. Nyeri bisa berhenti mendadak.

Umumnya, gejala neuralgia trigeminal adalah munculnya sakit atau nyeri pada wajah saat melakukan beberapa aktivitas seperti berbicara, tersenyum, mengunyah, menelan, menggosok gigi, membasuh wajah, bercukur, merias wajah, gerakan kepala, terkena udara dingin atau AC, getaran tertentu saat bepergian dengan kendaraan atau berjalan.

Saat konsultasi dengan dokter dan penderitanya bercerita gejala nyerinya bisa muncul dengan aktivitas ringan, kemungkinan besar penyebabnya adalah trigeminal neuralgia. Karena aktivitas harian seperti itu, seharusnya tidak menyebabkan nyeri pada area wajah.

Penyebab Neuralgia Trigeminal (Sakit Wajah Sebelah)

Sampai sekarang, penyebab pastinya belum diketahui. Namun diduga adanya kompresi atau tertekannya saraf trigeminal. Tumor, pembuluh darah yang menekan saraf kelima ini bisa memunculkan nyeri.

Trigeminal neuralgia juga bisa muncul akibat proses menua dan terkait oleh kondisi medis tertentu seperti sklerosis multipel atau multiple sclerosis (MS). MS ini merupakan kondisi yang mucul akibat kerusakan pada selubung mielin yang melindungi saraf.

Kelainan otak, luka operasi, stroke, cedera pada wajah dapat menjadi penyebab dari penyakit nyeri wajah sebelah ini.

Pemeriksaan Trigeminal Neuralgia

Dokter akan melakukan anamnesis dengan bertanya dan mencari tahu beberapa hal yang berkaitan dengan:

  • Jenis nyeri atau tipe, muncul seketika, tiba-tiba dan singkat.
  • Lokasi nyeri, biasanya salah satu sisi wajah (kiri atau kanan)
  • Nyeri muncul dengan stimulasi ringan pada pipi, misalnya makan, berbicara, dan lainnya.

Pengobatan Sakit Wajah Sebelah Kiri

Terapi neuralgia trigeminal bisa menjadi pertimbangan dokter dengan memberikan obat. Obat ini dapat membantu menghambat atau mencegah rasa nyeri.

Obat trigeminal neuralgia atas resep dokter ini antara lain antikonvulsan atau antikejang (oxcarbazepine, lamotrigin, fenitoin, clonazepam dan gabapentin) yang terbukti efektif mengobati sakit wajah sebelah akibat trigeminal neuralgia.Pilihan obat lainnya adalah antispasmodik.

Bila setelah konsumsi obat pereda nyeri tidak ada perubahan. Maka salah satu solusinya adalah radiofrekuensi ablasi. Prinsip kerja radiofrekuensi ablasi ini adalah dengan menggunakan aliran listrik dari gelombang radio untuk memanaskan bagian saraf tertentu sehingga saraf tersebut tidak bisa lagi mengirimkan sinyal nyeri ke otak.

Efektivitas atau  tingkat keberhasilannya cukup baik.  Metode ini dapat menjadi pilihan penderita nyeri wajah sebalah yang takut atau enggan melakukan tindakan operasi.

Terapi bedah atau invasif kemungkinan jarang. Namun tetap ada beberapa pilihan bila nyeri wajah sebelah ini sudah menurunkan kualitas hidup. Pilihan tersebut antara lain percutaneous retrogasserian glycerol rhizotomy, dekompresi mikrovaskular, dan pisau gamma (gamma knife).

Pantangan Trigeminal Neuralgia

Pantangan makanan perlu memahami makanan apa yang perlu Anda pantang untuk membantu meringankan nyeri. Selain itu dengan mengetahui pantangan nyeri wajah sebelah, bisa juga  membantu mengurangi kekambuhan.

Pantangan atau hindari makanan pedas; tinggi gula dan lemak, makanan siap saji dan berkafein. Pantangan lainnya adalah minuman terlalu dingin atau panas, serta makanan terlalu panas dan pedas. Karena suhu yang sangat panas dan dingin kemungkinan dapat mengiritasi saraf.

Anjuran makanan yang bisa Anda konsumsi adalah makanan mengandung antioksidan alami dan membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Makanan kaya asam lemak tunggal tak jenuh, magnesium, vitamin B, C, dan E bisa menjadi pilihan jitu.  Selain membantu daya tahan tubuh tetapi juga dapat membantu menjaga kesehatan saraf.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *