Brain And Spine

Sakit bokong sampai kaki kanan

Sakit Bokong Sampai Kaki Kanan, Bisa Karena HNP

Sakit bokong sampai kaki kanan yang berlangsung lama bisa membuat aktivitas Anda tidak nyaman.

Kenapa Sakit Pantat Bisa Menjalar ke Kaki

Kenapa bokong sampai kaki sakit? Apa penyebab tulang bokong sakit? Kenapa pinggang dan pantat terasa sakit? Apa penyebab bokong terasa nyeri? Bagaimana cara menghilangkan rasa sakit di bokong? Itu adalah beberapa contoh pertanyaan yang sering membuat penderitanya browsing mencari jawabannya.

Untuk mencari jawabnya, sudah tentu konsultasi dengan dokter menjadi jawaban yang paling benar. Karena dengan begitu, dokter dapat memberikan pengobatan nyeri bokong sesuai dengan penyebabnya.

Sakit bokong sampai kaki kanan
Sumber Gambar

Sakit Bokong Sampai Kaki Kanan

Keluhan lain kadang menyertainya. Salah satunya adalah bokong sakit setelah duduk. Pantat sakit terasa juga sering menjadi keluhan saat harus duduk lama.

Rasa sakit pada pantat bisa dialami oleh siapa saja dan segala usia.

Apalagi duduk dalam posisi yang tidak tepat dalam waktu lama. Posisi seperti ini dapat memberikan beban tekanan berlebihan area tulang ekor. Akibat tekanan lama inilah yang memicu rasa sakit. Tak hanya rasa sakit. Kadangkala muncul rasa kesemutan atau kebas.

Bisa jadi hal ini menjadi salah satu gejala sindrom piriformis terjadi saat otot piriformis menekan saraf sciatic. Piriformis merupakan otot kecil yang terletak di area bokong di bawah otot gluteus maksimus. Akibat beban tekanan lama dapat menyebabkan otot ini menjadi kaku dan tegang. Selanjutnya akan menjepit saraf sciatic. Muncul istilah nyeri sciatica.

Otot piriformis sendiri berfungsi dalam semua gerakan yang melibatkan panggul dan tungkai. Misalnya berjalan dan lainnya.

Gejala yang muncul bisa berupa rasa sakit bokong seperti tertusuk atau terbakar dan bagian belakang kaki. Akibatnya, lama kelamaan area tungkai bawah akan nyeri dan kebas/kesemutan/baal.

Nyeri muncul dan bertambah saat misalnya berjalan, naik tangga, setelah duduk lama, berjalan atau berlari. Nyeri akan membaik saat beristirahat atau berbaring.

Sakit pada kaki bisa muncul tiba-tiba atau seiring waktu. Bahkan lama kelamaan akan sulit berjalan atau sekadar menekuk lutut.

Penyebab Bokong Sakit Lainnya

Namun tidak hanya piriformis syndrome penyebabnya. Beberapa hal yang dapat mengakibatkan pantat nyeri, adalah:

  • Cedera atau jatuh
  • Saraf kejepit atau hernia nukleus pulposus (HNP)
  • Wasir atau hemoroid

Kehamilan, tidak pernah olahraga, memakai sepatu hak tinggi, tidur dengan kasur yang sangat lunak, cedera pada tulang belakang akibat kecelakaan kendaraan bermotor atau jatuh, juga bisa menjadi pemicu timbulnya sciatica atau sakit pada bokong.

Untuk memastikan penyebabnya perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang. Untuk itu, jadwalkan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya dan pengobatan yang sesuai.

Sakit bokong tak kunjung sembuh jangan dibiarkan. Segera konsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik secara komprehensif untuk menemukan penyebabnya.

Cara Mengobati Sakit Bokong Secara Alami

Untuk membantu mengatasinya, perlu menggunakan kursi yang empuk untuk duduk. Jangan dulu melakukan aktivitas berat. Berikan kompres pada area bokong yang terasa sakit.

Hindari berjalan atau berlari pada jalan atau permukaan yang tidak rata atau berbatu. Dan yang paling penting, hindari duduk lama. Selingi dengan istirahat bila Anda harus menyelesaikan pekerjaan sambil duduk.

Minum obat pereda nyeri juga bisa membantu. Namun bila tidak ada perbaikan, dokter akan menganjurkan pengobatan lainnya.

Injeksi steroid menjadi salah satu solusinya. Namun bila penyebab nyeri bokong sebelah kiri sampai kaki adalah saraf terjepit, maka dokter akan melakukan tindakan endoskopi tulang belakang atau BESS

3 thoughts on “Sakit Bokong Sampai Kaki Kanan, Bisa Karena HNP”

  1. saya merasakan tulang belakang pantat saya sebelah kanan terasa nyeri apabila duduk lama bisa untuk jalan serasa jatuh karena tidak bisa menompang kaki kanan, dan apabila saya rebahan akan berdiri terasa sakit, nyeri dan sulit untuk bangun,

    saya bingung ingin periksa, sedangkan saya punya bayi usia 5 bulan yg masih asi, karna pasti ada anjuran untuk obat khusus bahkan tidak ada obat hanya solusi.

    1. Admin Bedah Plastik

      selamat pagi ibu. sebelumnya pernah jatuh tidak bu? atau untuk aktivitas harian yang ibu biasa lakukan apa saja? kapan nyeri ini muncul, sebelum melahirkan atau sesudahnya bu? memang benar bu sebenarnya perlu konsultasi agar dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik lengkap supaya bisa mengetahui penyebabnya dan penanganan yang tepat sesuai penyebabnya. mungkin nanti dokter akan menyesuaikan pengobatan karena ibu sedang menyusui. untuk jadwalkan konsultasi, bisa via WA 0813 13 9999 02. kami tunggu ya bu. terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *