Brain And Spine

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan

5 Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan dan Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan bisa saja disebabkan oleh hal sepele seperti salah posisi saat mengangkat benda berat. Namun ada juga yang penyebabnya tidak boleh dianggap sepele.

Brain and Spine Center – RSU Bunda Jakarta

Bahkan keluhan sakit punggung bagian bawah, sakit di bagian pinggang kiri, sakit pinggang terus menerus, sakit pinggang belakang atau sakit pinggang kanan kiri tidak boleh dibiarkan. Mungkin itu pertanda adanya masalah atau gangguan pada tulang belakang.

Apa penyebab pinggang sakit juga perlu dikenali, agar dokter dapat mengatasinya dan Anda pun bisa kembali beraktivitas.

Akibat sakit pinggang bisa berujung pada terganggunya aktivitas harian Anda.

Penyebab Pinggang Kanan Sakit

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan dapat mengakibatkan rasa sakit atau nyeri yang hilang timbul atau bahkan nonstop, terus menerus.

Sakit pinggang atau low back pain (LBP) seringkali penyebabnya adalah cedera otot atau sendi pada area lumbal atau pinggang. Kondisi sakit pada pinggang ini biasanya akibat postur tubuh yang salah saat beraktivitas seperti mengangkat benda berat, gerakan yang berulang terus menerus, duduk terlalu lama.

Pinggang kiri sakit juga bisa disebabkan oleh adanya gangguan pada ginjal, infeksi atau masalah pada ruas tulang belakang.

Tiba-tiba sakit pinggang juga bisa muncul pada Anda yang mengalami kelebihan berat badan atau kegemukan/obesitas. Berat berlebihan dapat memberikan beban lebih berat pada sendi-sendi sehingga memicu sakit pinggang.

Saat melakukan gerakan yang tidak biasa, otot kemungkinan akan menegang karena tertarik. Bila hal ini berlangsung terus, kemungkinan bisa mengalami robekan sehingga muncul sakit pinggang belakang.

Postur tubuh buruk saat duduk/berdiri atau mengangkat beban berat, tanpa pemanasan sebelum olahraga, bisa saja menyebabkan pinggang kanan sakit. Membungkuk memberikan beban tambahan dan regangan tertentu pada tulang belakang. Inilah penyebab lain pinggang kiri sakit.

Sakit pinggang akibat cedera atau ketegangan otot biasanya berlangsung sementara bisa beberapa hari sampai beberapa minggu. Namun pada beberapa kasus, sakit pinggang bisa berlangsung lama hingga berbulan-bulan terutama yang penyebabnya adalah adanya masalah pada tulang belakang.

Penyebab pinggang sakit saat tidur telentang kemungkinan juga sama. Itu sebabnya perlu berkonsultasi dengan dokter. Apalagi bila sudah terjadi terus menerus.

HNP Lumbal Penyebab Sakit Pinggang

Saraf terjepit pinggang atau HNP lumbal menjadi penyebab sakit pinggang. Kondisi ini diakibatkan oleh menonjolnya bantalan tulang sehingga menekan saraf dan memunculkan nyeri. Penyebab saraf kejepit lainnya adalah obesitas atau kelebihan berat badan, cedera baik kecelakaan maupun olahraga, skoliosis, infeksi (TB tulang belakang atau spondilitis TB), osteoporosis (tulang belakang keropos) dan lainnya.

Penyempitan Rongga Tulang Belakang

Kondisi stenosis ini juga bisa mengakibatkan sakit pinggang bila penyempitan terjadi pada ruas tulang belakang bagian lumbal atau pinggang.

Gejala sakit pinggang juga kadang berbeda, yang sekali lagi bergantung pada penyebab sakit pinggang sebelah kanan. Namun umumnya gejala tersebut berupa:

  • Terasa sakit seperti ada yang menusuk-nusuk
  • Nyeri pinggang menjalar dari pinggang, bokong, kadang hingga kaki
  • Kesulitan bergerak dan berdiri tegak
  • Sakit pinggang memburuk saat membungkuk, mengangkat benda, berjalan
  • Kadang ada kebas/kesemutan pada kaki

Posisi Tidur Saat Sakit Pinggang

Posisi tertentu juga perlu Anda coba untuk membantu mengatasi sakit. Salah satu posisinya adalah tidur telentang dengan meletakkan bantal pada bagian bawah kedua lutut. Atau meringkuk seperti posisi janin dalam kandungan.

Obat Sakit Pinggang hingga Bokong

Bila Anda mengalami sakit pada area ini tentu akan berupaya menghentikannya karena terasa tak nyaman untuk beraktivitas.

Obat sakit pinggang bergantung pada penyebabnya. Bisa Anda coba untuk berikan kompres hangat atau dingin. Kemudian minum obat antinyeri nonsteroid sesuai resep dokter guna membantu mengatasi nyerinya.

Bila sakit ini akibat ketegangan otot yang berlebihan setelah aktivitas berat, bisa juga dengan obat topikal atau oles.

Terkadang program fisioterapi juga bisa dokter rekomendasikan sebagai cara menghilangkan sakit pinggang sebelah kiri. Tentu saja hal ini setelah dokter melakukan pemeriksaan fisik dan mengevaluasi hasil pemeriksaan MRI.

Sakit pinggang yang penyebabnya saraf kejepit pinggang atau lumbal (HNP lumbal) salah satunya adalah dengan endoskopi tulang belakang BESS.

Kateter Racz juga bisa juga dokter sarankan untuk mengatasi nyeri akibat syaraf terjepit. Selain itu, radiofrekuensi ablasi juga bisa bermanfaat untuk menangani sakit pinggang akibat masalah pada ruas tulang belakang.

Saraf Terjepit Teratasi dengan Endoskopi BESS – RSU Bunda Jakarta

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *