Brain And Spine

Nyeri wajah sebelah trigeminal neuralgia

Nyeri Wajah Sebelah Trigeminal Neuralgia Bisa Sembuh dengan MVD?

Nyeri wajah sebelah trigeminal neuralgia, menjadi salah satu penyebab nyeri tak tertahankan dan hanya di satu sisi wajah saja. Nyeri wajah sebelah kiri atau nyeri wajah sebelah kanan saja menjadi ciri khas penyakit trigeminal neuralgia.

Brain and Spine Center – RSU Bunda Jakarta

Apakah trigeminal neuralgia bisa sembuh total bergantung pada penyebab dan pengobatannya. Namun memang hal itu terutama bergantung pada kondisi masing-masing individu.

Kadangkala ada juga yang bertanya apakah trigeminal neuralgia itu berbahaya, kemungkinan jawabannya adalah tidak berbahaya. Tetapi penyakit ini dapat menurunkan kualitas hidup seseorang karena siksaan nyerinya yang luar biasa. Sehingga penderitanya tidak bisa melakukan aktivitas harian dan kadang bahkan kadang tidak memerhatikan kebersihan diri lagi.

Karena aktivitas ringan pun, seperti sikat gigi, mencuci muka, merias wajah, terkena angin sepoi-sepoi, terpapar AC, sudah dapat membangkitkan nyeri. Padahal kalau dalam kondisi normal, aktivitas seperti itu tidak membangkitkan nyeri.

Nyeri trigeminal neuralgia ini diceritakan seperti tertusuk, kesetrum arus listrik, seperti disayat benda tajam yang luar biasa menyakitkan saat nyeri itu muncul.

Penyebab Trigeminal Neuralgia

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan munculnya serangan nyeri luar biasa trigeminal neuralgia.

Tumor, infeksi atau pasca-bedah bisa menjadi beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan nyeri luar biasa ini. Terjepitnya saraf trigeminal oleh pembuluh darah di dekatnya, juga bisa menyebabkan rasa sakit setiap kali. Setiap berdenyut akan menekan saraf tersebut.

Operasi MVD, Bisa Menjadi Solusi Nyeri Wajah Sebelah Trigeminal Neuralgia 

Operasi MVD adalah tindakan bedah microvascular decompression atau dekompresi mikrovaskular.

Apa itu operasi MVD juga menjadi salah satu pertanyaan yang sering diajukan. Atau mungkin dokter telah memberikan anjuran tindakan MVD ini menjadi solusi agar dapat mengatasi nyeri wajah sebelah akibat trigeminal neuralgia.

Microvascular decompression (MVD) adalah tindakan untuk melepaskan tekanan pada saraf kranial karena pembuluh darah arteri atau vena. Jadi dengan membebaskan jepitan tersebut, diharapkan nyeri pun hilang.

Karena akibat jepitan yang berlangsung lama dapat merusak atau mengiritasi lapisan mielin yang berperan sebagai pelindung serabut saraf. Bila sudah rusak dapat mengganggu transmisi sinyal nyeri.

Sebuah bantalan kecil akan diletakkan di antara saraf trigeminal dan pembuluh darah arteri serebelar superior atau cabang dari vena petrosal. Dengan meletakkan bantalan tersebut, pembuluh darah tidak lagi menekan saraf dan gejala penderita akan tertangani.

Penanganan nyeri wajah sebelah trigeminal neuralgia kadangkala bergantung pada penyebab dan keparahannya. Langkah awalnya, dokter akan memberikan obat-obatan pereda nyeri.

Operasi MVD biasanya akan dokter anjurkan saat obat sudah tidak dapat meredakan nyeri luar biasa pada salah satu sisi wajah ini.

Tingkat keberhasilan MVD cukup tinggi sehingga dapat membantu mengembalikan kualitas hidup dan mengurangi risiko kekambuhan. Kadangkala nyeri wajah ini bisa kambuh bergantung pada kondisi masing-masing pasien.

Berapa biaya operasi trigeminal neuralgia bisa Anda tanyakan langsung saat berkonsultasi dengan dokter sekaligus bertanya tentang persiapannya seperti apa. Biaya operasi MVD ini juga bergantung di mana Anda mau melakukan tindakan ini, apakah di RS swasta atau lainnya.

Pantangan Makanan Penderita Trigeminal Neuralgia

Makanan pedas, makanan atau minuman terlalu panas, atau terlalu dingin bisa saja memicu munculnya serangan nyeri wajah sebelah kanan trigeminal neuralgia. Itu sebabnya perlu Anda kurangi atau hindari agar mengurangi risiko munculnya nyeri ini.

Sebenarnya tidak ada pantangan khusus. Karena nyeri ini bisa muncul dengan beberapa aktivitas ringan, misalnya terpapar udara dingin di area pipi. Mungkin bisa memakai syal yang dapat melindungi area pipi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *