Brain And Spine

MRI saraf kejepit

MRI Saraf Kejepit, Memastikan Ada Tidaknya Jepitan Saraf Tulang Belakang

MRI saraf kejepit, menjadi salah satu hasil pemeriksaan penunjang yang diperlukan dokter untuk menegakkan diagnosis saat ada gejala-gejala yang terkait dengan saraf kejepit lumbal 4 dan 5 atau saraf kejepit L5-S1. Gambar saraf kejepit akan tampak pada hasilnya yang berupa lembaran film layaknya hasil rontgen.

Berapa besar biaya MRI saraf kejepit tergantung dimana dilakukannya. Kadangkala dokter juga meminta pasien untuk melakukan ct scan saraf kejepit untuk dievaluasi lebih lanjut agar penanganan yang diberikan sesuai dengan penyebab yang tampak pada hasilnya nanti.

MRI adalah singkatan dari Magnetic Resonance Imaging, yang melibatkan medan magnet dan gelombang radio. Agar dapat melihat gambar-gambar organ jaringan dalam tubuh secara detil secara tiga dimensi.

Bila ada dugaan jepitan saraf tulang belakang di area pinggang (lumbal), MRI lumbal adalah menjadi pemeriksaan penunjangnya. Sehingga dapat menunjukkan ada tidaknya kerusakan jaringan dan struktur tulang belakang yang menyebabkan saraf terjepit.

MRI saraf kejepit
Sumber Gambar

Persiapan MRI Apa Saja

MRI pakai baju apa akan disarankan mengenakan gaun khusus yang disediakan di rumah sakit. Sebelum masuk, semua peralatan atau perhiasan harus dilepas. Kacamata, alat bantu dengat, kunci, bra kawat, jam tangan hingga gigi palsu. Handphone juga tidak boleh. Bila sudah selesai persiapannya, prosedur MRI tulang belakang akan dilakukan.

Pertama, berbaring di meja khusus yang nantinya akan bergerak masuk ke dalam mesin MRI yang bentuknya seperti tabung raksasa, yang dikelilingi oleh medan magnet.  Tali pun akan dipakaikan ke pasien agar tidak mudah bergeser.

Saat berjalan, sinyal akan tertangkap oleh mesin sehingga akan muncul sebagai gambar yang masing-masing tampak potongan-potongan tipis.

Bila terganggu dengan suara dengungan yang keras, dan terasa tidak nyaman, perawat akan memberikan alat penutup kedua telinga. Proses MRI berapa lama sekitar 20-90 menit saja.

Hasil MRI tulang belakang berapa lama, ada yang bisa jadi dalam waktu 6 jam, atau dalam waktu 24 jam. Begitu pula biaya MRI tulang belakang, mulai dari 3 juta Rupiah per satu segmen. Biaya ini juga tergantung pada instansi terkait dimana Anda melakukannya.

MRI Saraf Kejepit

Hasil MRI bisa dalam bentuk lembaran film atau disimpan dalam cd. Nah dari hasilnya dokter akan mengevaluasinya. Dalam gambar MRI bisa terlihat bantalan tulang yang mulai menonjol dan menjepit saraf tulang belakang, area leher (cervical) dan pinggang (lumbal). MRI lumbal bila difokuskan ke segmen lumbal atau pinggang. Sedangkan MRI cervical, difokuskan pada segmen servikal atau leher.

Pada kondisi ini, bantalan tulang (diskus intervertebralis) merembes ke luar dari cincinnya (annulus fibrosus) dan menekan saraf. Jepitan inilah yang membuat munculnya gejala-gejala terkait saraf terjepit.

Apakah MRI bisa mendeteksi saraf kejepit, dengan hasil yang tampak, dokter akan dapat mendeteksi ada tidaknya jepitan saraf tulang belakang sehingga dapat memberikan penanganan yang tepat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *