Brain And Spine

kyphoplasty

Kyphoplasty, Pengobatan Tulang Belakang Keropos Tanpa Operasi

Kyphoplasty, teknologi terkini untuk membantu mengatasi nyeri akibat patah atau keropos pada tulang belakang.

Metode atau teknik ini akan dokter lakukan dengan cara memasukkan atau injeksi semen ada tulang yang keropos.

Brain and Spine Center – RSU Bunda Jakarta

Tujuan kyphoplasty adalah membantu mengoreksi ketegakan tulang dan mengembalikan struktur tulang belakang. Dengan harapan tulang belakang atau spine dapat kembali menopang tubuh saat beraktivitas.

Selain itu, kyphoplasty atau kifoplasti ini memiliki manfaat positif sebagai pengobatan keropos tulang terutama tulang belakang.

Siapa yang Perlu Menjalani Kifoplasti

Kifoplasti dapat menjadi salah satu solusi pada individu yang mengalami fraktur kompresi atau compression fracture pada tulang belakang sehingga membuatnya kolaps atau runtuh.

Bila hal ini terjadi maka memunculkan istilah spinal fracture.

Selain itu, fraktur kompresi tulang belakang juga menyebabkan kelainan bentuk (deformitas) tulang belakang sehingga tinggi badan akan berkurang, dan tubuh akan membungkuk disebut kifosis. Kondisi ini lambat laun dapat menyebabkan sakit tulang belakang.

Dengan adanya perubahan struktur tulang ini akan memaksa otot-otot tulang belakang bekerja lebih keras sehingga akhirnya menyebabkan nyeri dan kelelahan otot.

Menurunnya massa kepadatan tulang belakang yang mungkin salah satunya disebabkan oleh proses penuaan, dapat membuat Anda memiliki risiko lebih tinggi mengalami retak pada tulang belakang. Cedera akibat jatuh juga bisa mengakibatkan kondisi fraktur kompresi.

Menurunnya massa tulang atau kepadatan tulang akibat osteoporosis bisa membuat penderitanya rentan akan patah tulang. Osteoporosis atau keropos tulang akibat ketidakmampuan tubuh dalam mengatur kandungan mineral dalam tulang. Dampaknya susunan matriks tulang berubah sehingga kekuatannya pun menurun dan mudah patah.

Tulang belakang retak, atau fraktur lumbal (pinggang atau punggung bawah), panggul dan tulang di pergelangan tangan rentan mengalami keropos tulang sehingga sering patah.

Vertebroplasty vs. Kyphoplasty

Kedua metode ini sama-sama dapat memperbaiki struktur tulang belakang dengan semen artifisial yang disuntikkan ke dalam tulang belakang yang  keropos.

Selain itu, keduanya juga bisa memberikan dampak perbaikan nyeri akibat patah tulang belakang jenis kompresi akibat osteoporosis. Walaupun fraktur kompresi ini juga bisa disebabkan oleh cedera atau jatuh baik kecelakaan kendaraan bermotor atau olahraga.

Bedanya adalah pada operasi kyphoplasty menggunakan balon yang akan masuk ke dalam rongga keropos kemudian akan mengembang guna membuat ruang semen yang akan masuk. Setelah itu balon akan dokter keluarkan. Tujuan balon ini agar semen yang dimasukkan tidak meluber ke luar dari tempat targetnya.  Tindakan ini juga dikenal dengan balloon kyphoplasty.

Untuk vertebroplasty adalah tidak menggunakan balon. Dokter akan langsung menginjeksikan semen khusus melalui lubang kecil pada kulit (menggunakan jarum khusus) agar masuk ke dalam rongga tulang yang keropos.

Seusainya, dokter akan melakukan observasi sambil menunggu semen tersebut mengeras.

Vertebroplasty kyphoplasty bisa menjadi harapan baru pengobatan pasien nyeri akibat keropos tulang yang memiliki beberapa keunggulan. Beberapa keunggulan tersebut antara lain:

  • Efektif
  • Tidak memerlukan waktu lama, hanya sekitar 30-60 menit
  • Tanpa operasi hanya dengan sayatan minimal
  • Tidak perlu rawat inap
  • Proses pemulihan cepat
  • Mengatasi nyeri akibat compression fracture
  • Perbaikan struktur tulang belakang

Saat dokter melakukan penanganan non-bedah kyphoplasty ini akan menggunakan alat pencitraan agar tepat sasaran. Nah untuk mengetahui biaya kyphoplasty atau biaya vertebroplasty dapat Anda tanyakan saat dokter spesialis bedah saraf atau dokter ortopedi sudah merekomendasikan pengobatan ini untuk menangani nyeri akibat adanya fraktur kompresi di tulang belakang.

2 thoughts on “Kyphoplasty, Pengobatan Tulang Belakang Keropos Tanpa Operasi”

    1. Admin Bedah Plastik

      Selamat pagi pak Naedin. biaya pengobatan sakit tulang belakang bergantung pada penyebab, berapa lama, lokasi dan lainnya. itu sebabnya dokter perlu melakukan pemeriksaan fisik dan bila perlu akan disarankan untuk MRI. bapak sudah pernah melakukan pemeriksaan MRI? bapak bisa konsultasi via WA 0811 811 20 555. bila bapak di luar kota, kami juga memiliki konsultasi online. terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *