Brain And Spine

Kesemutan di Ujung Jari Tangan

Kesemutan di Ujung Jari Tangan Terus Menerus, Jangan Dianggap Remeh

Kesemutan di ujung jari tangan mungkin pernah dirasakan semua orang. Apalagi setelah sepuluh jari-jari tangan dalam posisi tertentu dan lama. Biasanya seusai menggerakkan jari-jari tangan tersebut, kesemutan pun akan hilang.

Brain and Spine Center – RSU Bunda Jakarta

Kelamaan memegang gadget, misalnya, dan melakukan swipe dengan jari telunjuk, kadang jari telunjuk sakit atau ujung jari tangan terasa tebal dan sakit.

Jari tangan kesemutan, penyebabnya tak hanya satu. Meski kadang bukan sesuatu yang membahayakan, ujung jari terasa tebal dan kesemutan atau jari tangan kesemutan tidak hilang hilang, mungkin menjadi gejala dari penyakit tertentu.

Apa penyebab jari tangan kesemutan, mungkin karena saraf di area tangan atau jari tangan tertekan terus menerus dalam waktu tertentu. Akibat saraf tangan kejepit inilah memicu jari tangan kesemutan dan kaku, mati rasa atau kebas. Bahkan terkadang ada sedikit rasa nyeri.

Selain jepitan saraf, terganggunya kelancaran aliran pembuluh darah menyebabkan suplai oksigen pun terhambat. Ini juga bisa mengakibatkan rasa kesemutan.

Terkadang lagi. Rasa kesemutan tersebut tidak hanya di ujung jari tangan. Tetapi bisa juga menjalar ke pergelangan tangan, lengan bawah dan area siku.

Kesemutan di Ujung Jari Tangan
Sumber Gambar

Kesemutan di Ujung Jari Tangan Gejala Apa?

Jari tangan kebas dan kesemutan akan memunculkan rasa tidak nyaman. Apalagi kalau terus menerus dan tidak kunjung hilang.

Untuk mengatasinya dengan tepat, berarti perlu tahu apa penyebab tangan kesemutan dan bagaimana cara mengatasinya.

Kesemutan tanda diabetes, akibat meningkatnya kadar gula darah di atas nilai normal. Istila kesemutan diabetes melitus adalah neuropati diabetik. Akibat terganggunya kondisi saraf tepi yang disebabkan komplikasi diabetes yang tidak terkontrol. Kadang diabetes juga menyebabkan ujung jari kaki kesemutan.

Penyebab kenapa rasa kebas di jari tangan lainnya adalah carpal tunnel syndrome (CTS) atau sindrom terowongan karpal. Sasaran penyakit ini biasanya pada orang-orang yang memiliki pekerjaan dengan gerakan berulang dalam waktu lama. Mengetik, memotong sayuran, contohnya.

Pada akhirnya saraf medianus yang ada di pergelangan tangan akan terjepit sehingga menimbulkan kesemutan, nyeri, kebas. Tetapi ciri khasnya, ujung jari tangan kesemutan akibat CTS hanya pada ibu jari, telunjuk, jari tengah dan separuh jari manis.

Saraf kejepit leher atau HNP cervical menjadi penyebab jari tangan kesemutan. Akibat bantalan antarruas tulang leher, bocor dan merembes ke luar dari cincin pelindungnya (annulus fibrosus) sehingga menjepit saraf tulang belakang. Namun saraf leher kejepit tidak hanya kesemutan di ujung jari tangan kanan saja. Keluhan ini akan menjalar hingga bahu, lengan hingga ujung jari kaki. Bila tidak ditangani dengan tepat, kelumpuhan bisa terjadi.

Rematik atau peradangan sendi, bisa juga menyebabkan jari tangan kesemutan saat bangun tidur, bisa terasa pada ibu jari. Cara mengatasi jempol tangan kesemutan ini bisa menjadi solusi agar kembali nyaman beraktivitas.

Bila rasa kesemutan di ujung jari ini terasa mengganggu, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter. Apalagi bila disertai dengan gejala lainnya, misalnya nyeri, bengkak dan lainnya.

 

Vitamin Saraf untuk Kesemutan

Dokter akan memaparkan cara menghilangkan kesemutan di tangan kanan atau bagaimana cara mengobati neuropati seusai melakukan pemeriksaan klinis secara lengkap. Bila perlu untuk memastikannya, pemeriksaan radiologis MRI, sepertinya akan perlu juga dilakukan.

Vitamin apa untuk tangan kebas, kemungkinan akan diresepkan oleh dokter guna membantu mengatasinya kesemutan di tangan. Kadar vitamin-vitamin tertentu yang dibutuhkan untuk menjaga Kesehatan saraf mungkin rendah. Mungkin dokter akan menganjurkan untuk mencukupi kadar vitamin B (B1, B6, dan B12) yang bekerja menjaga kesehatan saraf.

Obat pereda nyeri juga bisa diresepkan guna mengatasi peradangan (bila ada) sehingga nyeri pun menjadi berkurang atau hilang sama sekali.

Namun bila dari hasil pemeriksaan MRI, menunjukkan adanya CTS atau saraf terjepit leher, dokter akan memberikan penanganan yang sesuai.

CT release bisa menjadi jalan keluar sembuh dari kesemutan di ujung jari akibat CTS yang sudah sangat mengganggu aktivitas.

Bila ada HNP cervical, dokter akan memberikan saran pengobatan yang berupa endoskopi leher. Endoskopi ini akan mengambil tonjolan bantalan tulang yang menjepit saraf tulang belakang. Bila kondisi ini teratasi, maka gejala terkait saraf leher kejepit akan reda. Selain itu, PEN (percutaneous epidural neurolysis) dapat disarankan untuk mengatasi gejala.

ACDF juga bisa menjadi salah satu cara perbaiki adanya saraf terjepit leher. ACDF adalah anterior cervical discectomy fusion.

Kenapa ujung jari tangan terasa kesemutan dan tebal, kini sudah ada penyebabnya. Tinggal Anda segera luangkan waktu untuk datang berkonsultasi ke dokter terbaik agar langkah penanganannya sesuai dengan penyebabnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *