Brain And Spine

Kaki kanan sakit

Kaki Kanan Sakit dan Kesemutan, Apa Penyebabnya?

Kaki kanan sakit atau sakit kaki sebelah kanan bawah menjadi salah satu faktor penghalang aktivitas harian.

Apalagi kalau kaki kanan sakit saat berjalan dan kaki kanan sakit saat ditekuk saja sudah bisa mengganggu kelincahan Anda saat bekerja atau beraktivitas. Bisa saja kondisi ini juga bisa mengerem segalanya.

Endoskopi Tulang Belakang BESS Lebih Efektif Atasi Saraf Terjepit

Memang kaki menjadi salah satu bagian tubuh yang bekerja membantu tulang belakang sebagai penopang berat badan. Nah kalau penopang ini terganggu oleh rasa sakit, tentu akan mengganggu fungsi yang lainnya.

Kebiasaan memakai sepatu hak tinggi, berat badan yang berlebihan, postur tubuh yang tidak terjaga dengan baik bisa saja menjadi beberapa contoh faktor yang bisa menyebabkan nyeri yang bisa saja menjalar dan membuat rasa tak nyaman.

Bisa di bagian paha, betis, pergelangan kaki hingga telapak kaki atau bahkan bisa juga hingga ke jari kaki. Nyeri ini kadang disertai dengan rasa kesemutan, kebas, baal yang bisa menjalar hingga ke bagian telapak.

Kaki Kanan Sakit dan Penyebabnya 

Brain and Spine Center – RSU Bunda Jakarta

Bila kondisi ini disertai dengan telapak kaki sebelah kanan sakit, dapat saja membuat yang mengalaminya merasa tidak nyaman dan mulai mencari solusinya. Hasil berselancar di dunia maya bisa saja menemukan solusi kaki kanan sakit menurut ustad Danu. Ustad yang satu ini terkenal dengan metode pengobatannya.

Penyebab kaki kanan sakit dari paha ke bawah, memang cukup banyak. Berikut beberapa penyebab yang bisa membuat keluhan tersebut.

Herniated nucleus pulposus (HNP) atau saraf kejepit pada umumnya dapat memunculkan keluhan pada tungkai bawah.

Bila ada saraf kejepit pinggang atau HNP lumbal, nyeri tidak hanya terasa di pinggang. Nyeri juga akan menjalar dan muncul nyeri bokong, paha, betis hingga telapak, dan ujung jari.

Gejala khas dari saraf kejepit adalah nyeri muncul pada salah satu sisi saja, kanan atau kiri. Namun lama kelamaan bisa muncul pada kedua sisi tubuh bila tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Nyeri bisa memburuk saat duduk dan/atau berdiri lama. Biasanya saraf kejepit lumbal ini dipastikan dengan hasil pemeriksaan MRI dan pemeriksaan fisik oleh dokter saat berkonsultasi.

Jepitan yang sudah dalam kondisi parah dan tidak mendapatkan penanganan dini dapat mengakibatkan gangguan fungsi buang air kecil, buang air besar, hingga kelumpuhan.

Selain itu ketika tulang rawan yang berfungsi menjaga bantalan sendi agar tidak bergesekan saat bergerak, mengalami kerusakan atau menipis. Masalah kesehatan ini biasanya terjadi seiring dengan proses menua dan terjadi pada beragam sendi seperti lutut, pinggul atau tulang belakang. Kaki juga tak luput dari serangan artritis atau peradangan sendi.

Keseleo, ketegangan otot. tingginya kadar asam urat, terjepitnya saraf sciatica juga bisa mengakibatkan masalah pada tungkai bawah.

Kaki kanan sakit
Sumber Gambar

Anjuran Pengobatan 

Dokter akan melakukan evaluasi lengkap akan keluhan Anda. Pada umumnya untuk membantu mengatasi nyeri dan peradangan (bila ada), dokter akan memberikan obat antiinflamasi nonsteroid.

Bila hal ini tidak dapat membantu, kemungkinan dokter akan menyarankan injeksi steroid. Adanya saraf kejepit lumbal, dokter dapat melakukan teknologi terkini yakni endoskopi BESS yang dapat membebaskan jepitan tersebut.

Dengan hilangnya jepitan pada saraf tulang belakang, berarti rasa nyeri, kebas dan kesemutan dapat hilang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *