Brain And Spine

dokter spesialis bedah saraf

Dokter Spesialis Bedah Saraf dan Tulang Belakang

Dokter spesialis bedah saraf merupakan dokter yang memiliki spesialisasi atau kekhususan untuk dapat melakukan tindakan bedah saraf untuk menangani masalah pada sistem saraf.

Brain and Spine Center – RSU Bunda Jakarta

Serta memberikan diagnosis dan pengobatan yang sesuai dengan penyebab setelah melakukan pemeriksaan lengkap.

Perbedaan spesialis saraf dan bedah saraf, salah satunya pada tulisan gelar akademik. Spesialis saraf akan dituliskan sebagai Sp.S yang membantu menangani masalah pada saraf dengan metode tanpa bedah.

Sedangkan bedah saraf dengan gelar Sp.BS atau istilah lainnya adalah neurosurgeon. Keduanya mendalami sistem saraf manusia dan masalah atau gangguan yang menyebabkan masalah tertentu di sistem saraf tepi, sistem saraf pusat atau juga saraf tulang belakang.

Sistem saraf manusia terdiri dari sistem saraf pusat (otak dan saraf tulang belakang), dan sistem saraf tepi.

Dokter Spesialis Bedah Saraf

Bila ada masalah terkait dengan sistem saraf, yang mencakup otak, otot, dan saraf tulang belakang, dokter dengan spesialisasi khusus ini bisa menjadi tempat berkonsultasi. Begitu pula dengan dokter spesialis saraf.

Bedah saraf tak hanya pada otak saja. Bedah saraf meliputi apa saja, juga pada saraf tulang belakang dan serabut saraf yang menyebar ke bagian tubuh lainnya, misalnya wajah, tangan hingga kaki.

Segala usia bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah saraf. Disamping bedah otak dan saraf, berikut ini adalah jawaban untuk pertanyaan dokter spesialis bedah saraf menangani apa saja terkait dengan masalah kesehatan:

  • Cedera yang mengenai otak dan pembuluh darahnya, misalnya aneurisma, stroke, tumor, epilepsi,
  • Gangguan pada tulang belakang, seperti osteoartritis, tumor
  • Masalah pada persarafan tulang belakang, misalnya saraf terjepit atau hernia nukleus pulposus (HNP) pada lumbal dan cervical
  • Infeksi pada otak, tulang belakang dan saraf
  • Penyakit Parkinson
  • Terganggunya cairan serebrospinal, misalnya hidrosefalus

Bila terbagi dalam kelompok, bedah saraf meliputi apa saja yakni bedah saraf tumor, onkologi, vaskular, fungsional, traumatik, pediatrik, dan spinalis.

Untuk bedah saraf umum, terlibat dalam sebagian besar kondisi yang bersifat neurologis. Terutama trauma neurologis dan keadaan darurat neurologis, contohnya adalah pendarahan intrakranial.

Dokter bedah saraf terdekat menjadi referensi untuk Anda yang mengalami masalah misalnya kesemutan, kebas, nyeri tulang belakang, nyeri yang menjalar dan lainnya.

Masalah pada persarafan yang tidak hanya terdominasi oleh tulang belakang, masalah lain seperti carpal tunnel syndrome, nyeri wajah sebelah akibat trigeminal neuralgia, nyeri bokong, juga bisa datang berkonsultasi dan mencari solusi di dokter spesialis bedah saraf terdekat.

Saat ini teknologi endoskopi tulang belakang juga sudah merambah dunia bedah saraf. Contohnya yang terdahulu adalah teknologi PELD atau PSLD. Generasi endoskopi tulang belakang terkini adalah BESS atau biportal endoscopic spine surgery untuk mengatasi saraf kejepit.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *