Brain And Spine

Carpal tunnel syndrome adalah

Carpal Tunnel Syndrome Adalah Penyebab Jari Tangan Kesemutan

Carpal tunnel syndrome adalah salah satu penyebab jari tangan terasa kesemutan, kebas dan bahkan nyeri.

Seringkali penyakit CTS atau sindrom terowongan karpal, menyambangi Anda yang bekerja sebagai pekerja kantoran yang sebagian besar waktunya mengetik menggunakan laptop atau dengan smartphone.

Brain and Spine Center – RSU Bunda Jakarta

Tak hanya mereka yang terkena sasaran CTS. Para ibu rumah tangga yang melakukan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci, menyetrika, atau sekadar melakukan hobi seperti merajut, menganyam, menjahit juga bisa mengalaminya.

Seorang koki yang kesehariannya memotong-motong bahan masakannya juga bisa berisiko karena menggunakan area pergelangan tangan dan jari-jari. Pekerjaan yang menuntut gerakan berulang dalam waktu lama dengan menggunakan tangan, dapat meningkatkan risiko mengalami kondisi ini.

Carpal tunnel syndrome pada ibu hamil juga kerap terjadi.

Nah cara mengobati carpal tunnel syndrome perlu didiskusikan dengan dokter agar jari tangan kesemutan tak lagi terjadi atau memburuk.

Penyebab Carpal Tunnel Syndrome 

Penyebab jepitan pada saraf  median di pergelangan tangan memang cukup beragam. Namun ada beberapa gangguan kesehatan atau penyakit yang bisa menimbulkan jepitan tersebut. Jadi kemungkinan carpal tunnel syndrome adalah salah satu komplikasi penyakit apa kadang menjadi pertanyaan pada orang-orang yang mengalaminya.

Penyebab penyakit carpal tunnel syndrome bisa berupa penyakit-penyakit tertentu antara lain diabetes, gangguan hormon tiroid (hipotiroid), rheumatoid arthritis (RA).

Selain penyakit, pergelangan tangan yang mengalami cedera, seperti patah atau retak bisa saja mengakibatkan pembengkakan sehingga menekan saraf medianus dan struktur lainnya di pergelangan tangan maka nyeri dan kesemutan pada area jari-jari tangan akan muncul.

Faktor pekerjaan atau aktivitas harian yang menuntut Anda melakukan gerakan tangan secara berulang terus menerus atau memerlukan gerakan kuat pada area pergelangan tangan bisa juga menyebabkan jari tangan nyeri dan kesemutan yang merupakan ciri-ciri penyakit ini.

Faktor lain kemungkinan yang juga memegang peran penting adalah keturunan atau genetik.

Untuk jenis kelamin, perempuan lebih berisiko daripada laki-laki karena area lorong karpalnya lebih kecil atau sempit.

Ciri Ciri CTS

Saraf median pada area pergelangan tangan berguna untuk mempersarafi telapak tangan dan punggung tangan. Area yang dipersarafinya terutama pada area ibu jari, jari telunjuk, jari tengah dan sebagian jari manis (sisi ibu jari).

Karena adanya jepitan atau tekanan pada saraf muncullah gejala neuropati yang berupa kesemutan, kebas, baal. Itu sebabnya penyakit ini dikenal juga dengan istilah entrapment neuropathy. Entrapment neuropathy artinya sebuah kondisi saraf perifer yang terperangkap atau terkompresi dalam ruangan yang sempit sehingga memunculkan gejala rasa nyeri dan/atau penurunan fungsi.

Tanda dan gejala yang muncul bisa membuat rasa tidak nyaman atau nyeri pada pergelangan tangan sehingga aktivitas harian pun menjadi terganggu.

Biasanya pada tahap awal, gejala CTS muncul di salah satu sisi (unilateral). Namun lama-lama bila dibiarkan pada akhirnya bisa dua sisi nantinya (bilateral).

Gejala yang mungkin Anda rasakan antara lain berupa nyeri, kebas/baal (numbness), dan terasa seperti tersetrum listrik, kekakuan. Seringkali gejala ini muncul pada malam hari sehingga kualitas tidur pun juga terganggu.

Gerakan tangan sederhana, misalnya menggenggam, mencubit, memegang benda (gelas, sisir, dan lainnya) juga bisa terkena dampaknya. Bahkan bisa menimbulkan rasa sakit atau nyeri saat Anda mencoba melakukannya.

Apakah carpal tunnel syndrome berbahaya, mungkin dampaknya bisa ke aktivitas harian yang Anda lakukan. Yang tadinya bisa lancar, namun dengan CTS yang memburuk, tentu tak bisa lagi melakukan pekerjaan harian seperti sediakal.

Jadi, carpal tunnel syndrome kena jari tangan adalah penyakit yang perlu mendapatkan terapi yang tepat sesuai dengan derajat ringan beratnya.

Bisakah CTS Disembuhkan?

Obat carpal tunnel syndrome bisa menjadi solusi untuk menangani CTS. Untuk menentukan penanganannya apa, dokter perlu melakukan pemeriksaan klinis secara langsung dengan tes-tes tertentu.

Salah satu tesnya adalah Finkelstein’s test atau tes Finkelstein. Tes ini dilakukan dengan meletakkan ibu jari ke dalam genggaman empat jari lainnya. Bila terasa nyeri atau nyeri bertambah, kemungkinan positif mengalami sindrom terowongan karpal.

Salah satu metode untuk melepaskan jepitan pada saraf medianus di pergelangan tangan adalah CTS release. Teknik ini dilakukan pada CTS yang sudah memburuk dan mengganggu aktivitas harian.

Metode penanganan tersebut merupakan prosedur bedah kecil hanya dengan bius lokal dan tanpa rawat inap. Dokter akan melakukan insisi kecil pada pergelangan tangan, atas ligamen terowongan karpal. Kemudian dokter akan membebaskan jepitan sehingga saraf tak terjepit lagi dan gejala nya pun mereda.

Biaya operasi carpal tunnel syndrome menjadi pertimbangan tertentu saat dokter merekomendasikan tindakan operasi ini. Namun yang paling penting adalah tindakan CTS release ini bisa membebaskan jepitan pada saraf median sehingga aktivitas Anda pun bisa kembali seperti semula.

Cara mengobati CTS, penderita perlu menghindari atau mengurangi aktivitas/kegiatan yang menggunakan tangan dan jari-jari. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan penyangga pergelangan tangan (wrist support) guna mengurangi gesekan.

Cara mencegah carpal tunnel syndrome salah satunya dengan memberi jeda waktu untuk mengistirahatkan tangan, bila memungkinkan. Bisa juga dengan memberikan kompres hangat atau dingin pada pergelangan tangan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *