Brain And Spine

Cara menyembuhkan syaraf kejepit leher, pinggang

Cara Menyembuhkan Syaraf Kejepit Leher dan Pinggang, Bokong

Cara menyembuhkan syaraf kejepit leher dan  pinggang kini sudah mengalami perubahan luar biasa yang tidak lagi memerlukan operasi terbuka seperti dulu.

Brain and Spine Center – RSU Bunda Jakarta

Kemajuan teknologi juga merambah ke dunia medis yaitu adanya teknologi yang memungkinkah saraf terjepit dapat ditangani tanpa operasi.

Bahkan teknologi ini bisa mengatasi kondisi jepitan leher di ruas tulang leher dan pinggang. Teknologi ini adalah endoskopi tulang belakang. Kini tidak lagi dengan endoskopi PELD (Percutaneous Endoscopic Lumbar Discectomy) atau PSLD (Percutaneous Stenosis Lumbar Discectomy).

Teknologi terdepan di ranah endoskopi tulang belakang adalah endoskopi BESS (Biportal Endoscopic Spinal Surgery) yang jauh lebih unggul dibandingkan endoskopi sebelumnya. Hal ini bisa menjawab pertanyaan apakah syaraf kejepit bisa sembuh tanpa operasi, yang jawabannya adalah ya, bisa teratasi tanpa operasi.

Cara Menyembuhkan Syaraf Kejepit Leher dan Pinggang

Endoskopi terkini atau BESS, memiliki banyak keunggulan utama yakni saat bekerja, lapang pandang dokter untuk melihat area tulang belakang menjadi lebih luas. Hal ini mengingat BESS merupakan teknik dekompresi atau melepaskan kompresi (jepitan) dengan menggunakan dua akses (biportal).

Dua akses inilah yng lebih mempermudah dokter mengambil bantalan tulang yang menonjol dari segala arah. Ini bedanya dengan PELD atau PSLD yang hanya bisa mengambil tonjolan bantalan tulang dari satu arah saja, yaitu dari belakang.

Berapa lama pengobatan saraf terjepit dengan endoskopi BESS ini cukup singkat tidak seperti operasi terbuka tentunya. Kisaran waktu yang dibutuhkan dokter adalah 60 menit. Proses pemulihannya juga cepat dan tak butuh waktu lama untuk kembali beraktivitas. Namun tetap pasca endoskopi, perlu memerhatikan pantangan aktivitas.

Pantangan Aktivitas Pasca Endoskopi

Hal ini perlu Anda lakukan mungkin dalam waktu 2 minggu hingga 1 bulan, bergantung kondisi jepitan saraf Anda.

Pantangan tersebut antara lain:

  • Tidak boleh banyak membungkuk
  • Kurangi naik turun tangga
  • Duduk lama juga perlu Anda kurangi
  • Tidak boleh mengangkat beban berat
  • Jangan berolahraga berat dulu

Bila Anda perlu melakukan pekerjaan duduk depan komputer, sebaiknya setiap 1 jam lakukan stretching atau peregangan atau berdiri dengan berkeliling ruangan.

Terapi Apa Saja Untuk Syaraf Kejepit?

Cara menyembuhkan syaraf kejepit leher, pinggang akan dokter tentukan berdasarkan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan radiologis, seperti MRI.

Nyeri yang akibat saraf kejepit bisa dengan berbagai cara. Hal ini bergantung dari ringan beratnya derajat jepitan saraf.

Untuk nyeri, dokter akan meresepkan obat antiinflamasi nonsteroid. Selain itu, kateter Racz dan radiofrekuensi ablasi juga bisa menjadi solusi atasi nyeri.

Menjaga postur tubuh, menjaga berat badan tetap ideal atau program fisioterapi juga bisa dilakukan. Tapi ingat, lakukan sesuai anjuran dokter. Untuk olahraga, pilih renang atau berjalan dalam air, bersepeda statis bisa menjadi pilihan lain.

Apakah penyakit syaraf kejepit bisa sembuh total sebenarnya bergantung pada derajatnya. Selain itu ada beberapa faktor yang perlu Anda lakukan antara lain berat badan jangan sampai berlebihan karena dapat membebani sendi, selalu menjaga postur tubuh saat beraktivitas, kurangi angkat beban berat, dan lainnya.

Brain and Spine Center – RSU Bunda Jakarta

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *