Brain And Spine

Cara menyembuhkan epilepsi secara total

Cara Menyembuhkan Epilepsi Secara Total, Bisakah dengan Bedah Epilepsi?

Cara menyembuhkan epilepsi secara total kadang menjadi pertanyaan yang diajukan saat berkonsultasi dengan dokter. Karena kejang epilepsi bisa menurunkan kualitas hidup.

Bedah Epilepsi di Jakarta – RSU Bunda Jakarta

Walaupun pada dasarnya epilepsi tidak dapat disembuhkan namun dengan pengobatan rutin atau dengan obat anti epilepsi (OAE), epilepsi ini bisa terkontrol dengan baik.

Epilepsi perlu mendapatkan perhatian dan kewaspadaan yang ekstra. Karena kejang akibat epilepsi ini bisa muncul kapan saja dan dimana saja. bahkan bisa juga kejang muncul saat bekerja, beristirahat, menyetir mobil, olahraga dan di tempat sosial lainnya. Ini sebabnya perlu perlu mendapatkan pengobatan yang tepat.

Apa Penyebab Epilepsi Pada Orang Dewasa?

Epilepsi adalah kejang yang berulang atau sering kambuh. Penyebab epilepsi adalah akibat terganggunya sistem saraf pusat sehingga mengakibatkan pola aktivitas listrik di otak juga terganggu. Dengan adanya gangguan inilah yang mengakibatkan kejang berulang.

Jadi epilepsi terjadi karena apa yang terjadi kelainan dalam otak yang cenderung mengakibatkan bangkitan kejang epilepsi. Kalau dibiarkan tanpa pengobatan epilepsi, sel-sel otak dapat mengalami kerusakan sehingga berpotensi mengganggu kecerdasan dan masalah psikologis atau sosial orang dengan epilepsi (ODE).

Cara menyembuhkan epilepsi secara total
Sumber Gambar

Epilepsi Penyakit Menular?

Mitos epilepsi menular lewat busa yang keluar dari ODE saat kejang terjadi. Hal ini tidak benar. Jadi penyakit epilepsi tidak menular. Busa yang keluar saat kejang epilepsi terjadi, diakibatkan isi kelenjar liur yang terdorong keluar mulut dalam bentuk busa.

Ada beberapa hal yang dapat menjadi faktor apa yang menyebabkan epilepsi. Yakni akibat adanya kerusakan struktur otak (bisa akibat cedera kepala, tumor otak), genetik, infeksi, gangguan metabolik, dan ada yang penyebabnya tidak diketahui.

Bila mengalami kejang lebih dari satu kali, menjadi kriteria ODE. Penyakit ini bisa dialami segala usia, anak hingga orang dewasa.

Pengobatan Epilepsi Adalah Cara Menyembuhkan Epilepsi Secara Total

Sebagian besar kasus epilepsi agar bisa sembuh, perlu minum OAE secara rutin. Guna pemberian obat epilepsi  adalah membantu mengendalikan atau mengurangi kejadian kejang atau mengendalikan gejala. Pada sebagian orang, obat epilepsi terbukti dapat mengurangi epilepsi, bahkan bisa membuat kejang tidak ada lagi dalam jangka panjang.

Obat merupakan salah satu bagaimana cara agar epilepsi tidak kambuh dan efektif. Namun bila obat tersebut tidak membawa perubahan apa pun, maka bedah epilepsi dapat dianjurkan oleh dokter.

Apa nama obat untuk epilepsi, biasanya dokter akan meresepkan OAE. Pemberian obat ini beragam dan berbeda setiap penderitanya. Hal ini tergantung pada usia, jenis kejang dan frekuensinya serta lama pengobatannya.

Epilepsi pada orang dewasa, biasanya memerlukan konsumsi obat antikejang sampai bebas kejang selama 2 sampai 5 tahun. Untuk menghentikan pengobatan juga bervariasi tergantung jenis dan frekuensi kejang dan juga hasil EEG. Atau ada tidaknya efek samping yang tidak mengenakkan.

Bagaimana Cara Menyembuhkan Epilepsi Secara Total

Saat ini sebagian besar terapi obat diberikan dokter untuk mengatasi kejang epilepsi. Namun jika OAE tidak dapat mengurangi kejang, maka operasi atau bedah epilepsi bisa menjadi opsi lain.

Bedah epilepsi akan dokter lakukan untuk mengangkat bagian otak tertentu yang diduga menghasilkan kejang. Selain itu juga bertujuan untuk memblokir jalur saraf otak penyebab kejang.

Berbagai alat berteknologi canggih akan digunakan selama operasi berlangsung. Untuk memetakan otak, dokter akan menggunakan ECoG atau electrocorticograph (elektrokortikografi). Sehingga dokter akan mengetahui area otak mana yang mengakibatkan cetusan listrik tidak teratur yang menjadi biang keladi kejang epilepsi.

Apakah Epilepsi Dapat Disembuhkan dengan Operasi?

Apakah epilepsi bisa disembuhkan dengan operasi atau bedah epilepsi, dapat menjadi salah satu solusi terkini atasi epilepsi. Tujuan operasi epilepsi yang paling utama adalah memperbaiki kualitas hidup.

Mengurangi frekuensi kejang, menurunkan lamanya kejang dan mengurangi konsumsi obat menjadi tujuan mengapa epilepsi perlu operasi. Ada juga yang sembuh total tidak ada lagi kejang. Namun untuk berapa besar biaya operasi epilepsi dapat ditanyakan langsung dengan dokter saat berkonsultasi.

Kejang Epilepsi Seperti Apa?

Akibat terganggunya aktivitas listrik di sel-sel otak, kejang akan muncul. Kejang memunculkan tanda seperti kelojotan, mata melihat ke atas, dan mulut berbusa. Namun tidak semua kejang adalah epilepsi.

Untuk membedakannya dan memastikannya, dokter epilepsi terbaik di Jakarta akan melakukan serangkaian pemeriksaan fisik dan saraf atau neurologis. Pemeriksaan penunjang seperti encephalogram (EEG) untuk merekam gelombang otak, MRI dan pemeriksaan lainnya seperti laboratorium.

2 thoughts on “Cara Menyembuhkan Epilepsi Secara Total, Bisakah dengan Bedah Epilepsi?”

    1. Selamat pagi. apakah sudah pernah berkonsultasi dengan dokter sebelumnya? atau mungkin sudah mendapatkan obat antiepilepsi yang diresepkan dokter? untuk lebih lanjut bisa mendapatkan informasi, bisa via WA 081313999902. terima kasih

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *