Brain And Spine

Cara memijat saraf kejepit pada pinggang

Cara Memijat Saraf Kejepit pada Pinggang, Jangan Sembarangan

Cara memijat saraf kejepit pada pinggang memang sebaiknya dilakukan secara berhati-hati. Tidak boleh sembarangan pijat apalagi dilakukan oleh tukang pijat yang tidak paham dengan ringan beratnya kerusakan bantalan tulang penyebab saraf kejepit itu sendiri.

Mungkin bagi sebagian besar orang yang pernah melakukan pijat refleksi atau sekadar pijat biasa, merasa badan lebih bugar seusainya. Apakah pijat bisa dianggap sebagai salah satu terapi saraf kejepit?

Cara memijat saraf kejepit pada pinggang
Sumber Gambar

Manfaat Massage Therapy

Terkait dengan kondisi saraf kejepit, terapi pijat memiliki banyak manfaatnya. Namun terutama membantu mengurangi rasa sakit atau nyeri saraf kejepitnya. Tetapi tidak dapat mengatasi penyebab dari saraf kejepit yang sering disebut dengan hernia nukleus pulposus (HNP).

Ini dia manfaat pijat:

  1. Memperbaiki atau melancarkan sirkulasi darah agar dapat membantu mempercepat proses pemulihan area yang mengalami cedera atau nyeri. Dalam kaitannya dengan saraf kejepit, hal ini bisa memberikan manfaat positif yaitu mengurangi rasa nyeri pada otot-otot sekitar tulang belakang atau area sekitar bantalan tulang yang menonjol tepatnya.
  2. Memberikan rasa nyaman atau bugar. Gerakan memutar saat pijat dapat melepaskan hormon endorphin/endorfin yang memberikan rasa ‘healing’ sehingga dapat berdamai dengan nyeri dan mempercepat proses pemulihan.
  3. Mengurangi produksi hormon stres yang biasanya meningkat saat mengalami kecemasan, khawatir berlebihan saat terjadi nyeri atau cedera yang bisa mengganggu proses penyembuhan. Terkait dengan kondisi saraf kejepit yang bisa membuat penderitanya stres, yang bisa membuat kondisi ini menjadi kronis.
  4. Relaksasi otot. Otot-otot sekitar area bantalan tulang yang menonjol akan terkena dampaknya menjadi kaku dan nyeri. Kaku otot pinggang inilah yang mungkin memicu keseluruhan jaringan terjadi kaku sehingga menyulitkan beraktivitas harian.
  5. Otot kembali menjadi fleksibel. Bantalan tulang yang menonjol atau saraf kejepit memang dapat mengakibatkan otot dan sendi di sekitarnya menjadi kaku. Dengan perbaikan fleksibilitas otot maka dapat juga memperbaiki lingkar gerak tulang belakang yang juga berpengaruh pada area lainnya, seperti bahu, panggul. Sehingga fungsi dan gerakan dapat membaik.

Kapan Pijat Saraf Kejepit Dilakukan?

Bila nyeri membuat Anda takut bergerak atau beraktivitas, tentu akan membuat sendi semakin kaku dan akan semakin kaku dan nyeri.

Apakah pijat dapat menyembuhkan saraf kejepit, mungkin tidak mengatasi penyebabnya. Namun bisa membantu sendi tidak terasa kaku.

Teknik pijat saraf kejepit dapat merelaksasi otot-otot kaku sehingga kualitas istirahat juga semakin membaik dan rasa nyeri saraf kejepit akan berkurang. Tetapi yang paling penting, tekanan pijatan di area pinggang sebaiknya tidak dilakukan. Karena mungkin bisa memperburuk kondisi jepitan saraf yang sudah tampak dalam gambar saraf kejepit pada MRI.

Ini waktunya yang tepat untuk melakukan urut saraf kejepit:

  • Kaku otot sendi yang disertai rasa pegal
  • Akibat nyeri, tidak bisa beraktivitas seperti biasa
  • Pernah merasakan bugar setelah pijat sebelumnya
  • Tidak bisa tidur nyenyak akibat nyeri dan kaku sendi

Cara Memijat Saraf Kejepit pada Pinggang

Cara mengatasi pinggang kanan sakit di rumah, bisa dengan obat rumahan saraf kejepit atau berikut adalah apa yang harus dilakukan ketika saraf terjepit, yakni:

  • Mengurangi atau membatasi membawa beban berat
  • Menjaga postur tubuh baik saat duduk atau saat mengangkat benda berat
  • Kalau harus duduk lama, jadwalkan untuk melakukan peregangan sejenak
  • Menjaga berat badan tetap ideal
  • Banyak istirahat
  • Bisa mengonsumsi obat pereda nyeri atau memberikan krim hangat di area yang terasa sakit
  • Kurangi naik turun tangga
  • Hindari banyak membungkuk
  • Memberikan kompres hangat atau kompres dingin

Bila nyeri sudah mengganggu aktivitas, jangan tunda untuk melakukan konsultasi dengan dokter bedah saraf terbaik di Jakarta, agar mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan penyebabnya. Kini obat saraf terjepit yang dapat mengatasi nyeri tulang belakang sudah tersedia, seperti epidural steroid injection, percutaneous epidural neurolysis (PEN), radiofrekuensi ablasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *