Brain And Spine

Biaya suntik saraf kejepit

Biaya Suntik Saraf Kejepit, Bergantung pada Jenis Pengobatannya

Biaya suntik saraf kejepit menjadi salah satu pertanyaan yang sering diajukan saat berkonsultasi dengan dokter. Pertanyaan berikutnya yang juga sering diajukan adalah apakah saraf kejepit bisa disuntik.

Biaya suntik saraf kejepit
Sumber Gambar

Obat Saraf Kejepit

Saraf kejepit menjadi salah satu penyebab munculnya nyeri di tulang belakang. Walau kondisi lain, seperti infeksi, tulang keropos, tulang belakang bergeser, menyempitnya rongga tulang belakang juga bisa memunculkan nyeri tulang belakang.

Biasanya nyeri akibat saraf terjepit, tidak berdiri sendiri. Namun berbarengan dengan munculnya kebas, kesemutan dan biasanya juga menjalar. Jadi nyeri tidak hanya pada satu titik saja. Ciri khas saraf terjepit lainnya adalah nyeri biasanya terasa pada salah satu sisi saja.

Jepitan saraf tulang belakang ini muncul akibat menonjolnya bantalan tulang sehingga menekan/menjepit saraf. Bantalan antartulang seiring dengan usia, akan kehilangan kadar airnya sehingga menjadi kurang fleksibel sehingga berpotensi alami kerusakan.

Obat saraf kejepit bisa berupa obat antiinflamasi nonsteroid (untuk membantu meredakan peradangan dan nyeri), pemberian injeksi steroid, radiofrekuensi ablasi, dan terakhir adalah endoskopi tulang belakang.

Bila disarankan dokter untuk suntik saraf kejepit, ada beberapa manfaatnya antara lain membantu:

  • Meredakan peradangan
  • Menurunkan nyeri
  • Mengurangi jumlah obat minum
  • Dapat kembali beraktivitas karena nyeri sudah reda
  • Memperbaiki mobilitas sehari-hari

Biaya Suntik Saraf Kejepit Itu Berapa?

Nyeri tulang belakang akibat saraf kejepit dapat teratasi dengan pemberian obat melalui injeksi. Injeksi ini adalah epidural steroid injection (ESI). Kadang dokter juga menyarankan penggunaan percutaneous epidural neurolysis (PEN) agar pemberian obat saraf kejepit tepat sasaran dan efektif.

Injeksi epidural ini dokter akan memililih rute apakah via transforaminal, interlaminar dan caudal. Dokter juga akan menggunakan alat pandu tertentu sehingga tepat sasaran.

Biaya suntik saraf kejepit berkisar dari 30 juta Rupiah hingga 45 juta Rupiah. Kisaran harga ini bergantung titik/lokasi injeksi, pinggang atau leher. Menggunakan PEN atau tidak, biayanya juga berbeda.

Berapa biaya terapi syaraf kejepit juga perlu Anda ketahui untuk persiapan sebelum melakukannya. Biaya ini juga bergantung pada metode apa yang  dokter anjurkan setelah melakukan pemeriksaan fisik dan mengevaluasi pemeriksaan radiologis MRI.

Terapi syaraf kejepit terkini berbeda dengan dulu. Dulu perlu tindakan bedah terbuka yang memiliki risiko tinggi dan memerlukan proses penyembuhan cukup lama. Kini sudah ada teknologi endoskopi tulang belakang BESS yang proses penyembuhannya lebih cepat dan hanya dengan sayatan 7 mm saja.

Berapa persen tingkat keberhasilan operasi saraf kejepit ini bergantung pada kondisi masing-masing pasien, misalnya berat ringannya derajat HNP, sudah berapa lama, usia, penyakit lain yang menyertainya, dan lain-lain.

Kalau saraf kejepit sebaiknya ke dokter apa, spesialis bedah saraf bisa menjadi salah satu pilihannya.

Bagaimana jika saraf kejepit dibiarkan, tentu dapat mengganggu aktivitas harian karena nyeri dan kesemutan terus menerus. Bahkan kalau suatu saat memburuk, kondisi ini dapat berpotensi mengakibatkan kelemahan otot tungkai sampai kelumpuhan.

3 thoughts on “Biaya Suntik Saraf Kejepit, Bergantung pada Jenis Pengobatannya”

  1. Selamat pagi ,mau bertanya klo itu metode Sunti untuk tulang belakang kira2 biaya 30-45 JT itu tanpa operasi atau gimana…?
    Terimakasih

    1. Admin Bedah Plastik

      selamat pagi. untuk metode suntik tulang belakang dilakukan tanpa bedah atau operasi. biaya tersebut bervariasi tergantung pada jenis metode yang nantinya akan disesuaikan dengan keluhan. dokter akan memberikan beberapa opsi pain management setelah melakukan pemeriksaan fisik. untuk konsultasi bisa datang ke Bunda Neuro Center RSU Bunda Jakarta lantai 5. Konsultasi online juga bisa. Terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *