Brain And Spine

BESS spine surgery

BESS Spine Surgery, Bisa Atasi HNP Cervical

BESS spine surgery menjadi salah satu bentuk dari canggihnya perkembangan teknologi di dunia medis.

Biportal endoscopic spine surgery adalah kepanjangan dari BESS. Istilah biportal, bi artinya dua, dan portal adalah semacam lubang atau akses. Jadi memang endoskopi BESS menggunakan dua akses untuk memasukkan alat yang berbeda. Satu adalah sejenis selang lentur dengan kamera di ujungnya dan satu lagi diperlukan untuk alat yang akan mengatasi bantalan tulang yang menonjol.

Brain and Spine Center – RSU Bunda Jakarta

Namun jangan khawatir. Walau perlu dua lubang sayatan, namun masing-masing lubang tersebut hanya berdiameter sekitar 0,5 cm saja. Tentu hal inilah yang membedakan dengan tindakan bedah dulu yang mengharuskan dilakukan dengan terbuka.

Biaya endoskopi BESS atau biaya operasi BESS cukup bervariasi tergantung di mana akan dilakukan tindakan ini (apakah rumah sakit, klinik atau lainnya), lokasi jepitan (apakah di lumbal sehingga menyebabkan HNP lumbal atau di leher yang mengakibatkan HNP cervical), apakah sudah termasuk biaya lainnya seperti rawat inap, laboratorium dan lainnya.

Kadang orang juga mengenalnya dengan BESS HNP. Karena endoskopi BESS ini menjadi salah satu cara mengobati bantalan tulang belakang yang menonjol atau herniated nucleus pulposus (HNP) atau saraf kejepit. Caranya alat endoskopi BESS spine surgery ini akan mengambil tonjolan bantalan tulang yang menjepit saraf. Dengan kata lain, saraf jadi tidak lagi terjepit dan gejalanya pun membaik.

Pengalaman HNP

Pengalaman endoskopi syaraf kejepit pasien yang sembuh dapat membantu pasien untuk memahami bagaimana kesembuhan yang dicapai setelah dilakukan BESS spine surgery.

Endoskopi tulang belakang ini tidak hanya dapat dilakukan sebagai terapi saraf kejepit pinggang (HNP lumbal). Kini saraf kejepit leher atau HNP cervical juga bisa diatasi dengan BESS cervical.

Prinsipnya sama. Namun BESS cervical ini dilakukan pada leher. Sayatan juga ada dua yang masing-masing 0,5 cm saja. Bedanya, saraf kejepit leher yang diatasi dengan BESS cervical dilakukan dengan bius umum.

HNP cervical gejalanya bisa berupa leher terasa kaku, leher nyeri yang bisa menjalar menjadi nyeri bahu, tulang belikat nyeri, hingga ke lengan. Tidak hanya nyeri. Saraf leher terjepit menyebabkan pusing sampai kesemutan, seperti terbakar, kebas di ujung jari-jari tangan, bahkan sampai ke telapak kaki.

Kalau saraf terjepit tulang belakang di area leher ini bila tidak segera diatasi dengan BESS cervical, berisiko besar mengakibatkan kelumpuhan. Efek syaraf kejepit di leher pada pria, bisa sebabkan disfungsi ereksi.

Sedangkan penyebab saraf kejepit di leher antara lain usia lanjut, cedera (akibat whiplash injury, terpukul benda), peradangan atau tumor.

Saraf kejepit di leher belakang dan gambar saraf kejepit di leher akan tampak terlihat pada hasil pemeriksaan radiologis, seperti MRI. Dari hasil inilah dokter akan membantu menentukan penanganan yang sesuai.

Untuk nyeri akibat saraf kejepit di leher, dokter dapat menganjurkan beberapa pilihan seperti menggunakan Percutaneous Epidural Neurolysis (PEN) sehingga tepat sasaran. PEN ini sejenis kateter lentur untuk mengalirkan obat tertentu agar dapat meraih titik nyeri dengan tepat. Tujuannya juga untuk menghilangkan perlengketan struktur yang menjadi penyebab saraf kejepit leher.

BESS Spine Surgery

Berapa tingkat keberhasilan operasi endoskopi tulang belakang, diperkirakan sekitar 80% (University Utah). Namun angka ini tergantung pada usia penderita, ringan beratnya jepitan, dan faktor lainnya.

Pasca BESS, mobilitas membaik dan nyeri atau gejala terkait saraf leher kejepit pun berkurang. Pantangan juga perlu dilakukan untuk beberapa waktu lamanya, dan hal ini akan dijelaskan oleh dokter yang bersangkutan. Memakai neck collar atau penyangga leher juag dianjurkan.

Jangan kelamaan menunduk atau kelamaan mendongakkan kepala, tidur dengan bantal tebal/tinggi menjadi beberapa pantangan saraf kejepit leher. Nah selanjutnya, sudah bisa melakukan aktivitas seperti biasa. Tetapi jangan lupa untuk kontrol sesuai anjuran dokter.

Tindakan BESS dapat menjadi salah satu solusi atasi gejala yang terkait dengan saraf kejepit yang tidak membaik dengan obat saraf kejepit, injeksi, fisioterapi atau memiliki faktor kontraindikasi dilakukan bedah terbuka konvensional.

ACDF Adalah Solusi Lain Sembuh dari Saraf Leher Kejepit

Metode ACDF atau Anterior Cervical Discectomy and Fussion, juga menjadi cara lain untuk mengatasi HNP cervical yang kondisinya sudah tidak bisa diatasi dengan BESS.

Brain and Spine Center – RSU Bunda Jakarta

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *